Follow us on Twitter
Recommend us on Instagram
Like us on Facebook
Login

KOMITE AUDIT

Komite audit berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 55/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit, adalah komite yang dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dalam membantu melaksanakan tugas dan fungsi Dewan Komisaris.

Tugas dan Tanggung Jawab Komite Audit

Komite Audit Perseroan memiliki tugas antara lain melakukan pengawasan atas kinerja Perseroan; melakukan penelaahan atas informasi keuangan Perseroan; melakukan penelaahan atas sistem pengendalian internal Perseroan; melakukan penelaahan atas ketaatan Perseroan terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal dan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait dengan kegiatan Perseroan; melaporkan kepada Komisaris berbagai risiko yang dihadapi Perseroan dan pelaksanaan manajemen risiko oleh Direksi; melakukan penelaahan dan melaporkan kepada Komisaris atas pengaduan yang berkaitan dengan Perseroan; serta menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi Perseroan.

Independensi Komite Audit

Ketua dan anggota Komite Audit Perseroan bersifat independen. Komisaris Independen sebagai Ketua Komite Audit dan 2 (dua) orang lainnya sebagai anggota Komite Audit adalah berasal dari luar Perseroan. Dimana salah satu anggota Komite Audit Perseroan memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian dibidang akuntansi dan keuangan. Hal ini adalah sesuai dengan Piagam Komite Audit Perseroan dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 55/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

Susunan dan Masa Jabatan Anggota Komite Audit
Pada tahun 2018, tidak ada perubahan keanggotaan Komite Audit. Masa jabatan anggota Komite Audit adalah sampai dengan tahun 2021, dan susunan Komite Audit Perseroan adalah sebagai berikut :

PROFIL KOMITE AUDIT

D.N. ADNYANA
Ketua

Usia 65 tahun. Warga Negara Indonesia. Lulusan lnstitut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Mesin pada tahun 1975 dan memperoleh gelar Doktor Metalurgi pada tahun 1981 dari Khatolieke Universiten leuven, Belgia. Diangkat sebagai Ketua Komite Audit berdasarkan Keputusan Rapat Dewan Komisaris tanggal 1 November 2016. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris lndependen Perseroan sejak tahun 1995 sampai sekarang. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisar s lndependen PT Tembaga Mulia Semanan Tbk dan PT Kabelindo Murni Tbk serta dosen di beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

RICKY RUDOLF
Anggota

Usia 42tahun. Warga Negara Indonesia. Beliau memiliki latar belakang pendidikan Ekonomi Manajemen dari Sekolah Tinggi llmu Ekonomi• lnstitut Pengembangan Wiraswasta Indonesia Jakarta (STIE-IPWIJA). Diangkat sebagai anggota Komite Audit berdasarkan Keputusan Rapat Dewan Komisaris tertanggal 1 November 2016. Memulai karir di beberapa perusahaan sekuritas, antara lain di group Sinarmas dan group Salim, sehingga beliau memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas di bidang keuangan dan pasar modal.

DEDY HENDRAWAN
Anggota

Usia 41 tahun. Warga Indonesia, pendidikan formal terakhir beliau adalah sarjana S2 Program Studi Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam. Kekhususan Ekonomi Syariah di Universitas Indonesia Jakarta dan lulus pada tahun 2008. Sejak bulan Mei 2013 hingga saat ini, beliau menjabat sebagai Head of Operation di PT Shinhan Asset Management Indonesia (d/h PT Archipelago Asset Management). Selain berkarir di bidang pasar modal, beliau juga berprofesi sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam As-syafi'iyah dan Universitas Bina Nusantara. Pada tanggal 5 Mei 2018 mendapatkan Sertifikat Keahlian sebagai Ahli Syariah Pasar Modal.
Pada tahun 2018, mengikuti seminar dan pelatihan sebagai berikut :

  1. Mengikuti Workshop Pendalaman Aspek Syariah untuk Manager Investasi Syariah dan Unit Pengelola Investasi Syariah pada tanggal 11 April 2018, yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) angkatan IV pada tanggal 25-26 April 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Provinsi DKI.
  3. Mengikuti Program Pendidikan Berkelanjutan Wakil Perantara Pedagang Efek pada tanggal 14 November 2018 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia.